Cara membuat Blog 4

Saya menyarankan anda untuk membaca postingan “Mari membuat Blog 3” sebelumnya.

Saya salut kepada anda karena telah mengalami perkembangan yang cukup pesat dalam membuat blog. Mari kita lanjutkan. Seperti sebelumnya, saya akan mengambil dan menghisap rokok sambil memosting tulisan ini (maaf bagi yang tidak menyukai rokok).
Okee. Sekarang anda dapat menambah isi/elemen halaman, inggrisnya content, (bukan kontet lhoooo yang artinya kerdil, pembuat blog atau Blogger adalah orang-orang yang tidak kontet pikiran dan tingkah lakunya) lain tetapi tidak tersedia di blogspot misalnya menambah tampilan jam yang cantik. Gimana caranya??? Begini :

Anda kunjungi www.ClockLink.com sebagai salah satu penyedia content gratis (enaknya mang selalu dapat gratisan sehhhh). Klik gallery, pilih salah satu jam yang anda senangi, klik view html tag (akan terbuka jendela baru), pilih warna dan timezone, blok semua baris kode html yang berada dalam kotak dibawah “size” (ada dua kotak yang bisa dipilih salah satu jika yang satunya gak jalan ditemplate anda), copy.
Dah??? Woow cepat juga kerja anda yaaa.
Sekarang sign in di blogspot.com, masuk ke Panel Kontrol, layout, elemen halaman, edit elemen halaman, terbuka jendela baru.

Dah??? Baguuus.

Pada jendela baru tersebut, cari HTML/JavaScript, klik tambahkan ke blog, maka elemen halaman anda bertambah dengan nama HTML/JavaScript, tempatkan dimana anda suka, lalu klik edit dan akan terbuka jendela mengkonfigurasi HTML/JavaScript.

Berikan judul (jika mau) misalnya “jam sekarang”, lalu paste-kan copy-an kode html yang anda dapat di clocklink.com tadi. Masih ingatkan? Bagus, ternyata daya ingat anda sangat tinggi. Okee? Lalu klik simpan perubahan, jendela tertutup dan kembali ke Panel Kontrol, klik simpan, klik lihat blog.

Sekali lagi, SELAMAT untuk anda.

Bagus, bagus, bagus kata pak Tino Sidin (jaman dulu yang cuma ada di TVRI).

O iya, jika tidak berhasil, berarti kode html yang satunya lagi yang harus dikopikan. Edit aja elemen HTML/JavaScript yang tadi.

Untuk menambah content kalender, anda dapat mengunjungi
www.free-blog-content.com
Untuk mengganti template standar blogspot, anda dapat kunjungi freetemplates.blogspot.com
tetapi yang harus anda peratiin adalah jenis template yang html ato xml.
yang html, jika dah dapat kodenya, anda hanya mengkopi dan menimpa kode html lama pada layout - edit html
yang xml, anda harus download dulu dan simpan di harddisk dengan extension file .xml
nah pada layout, klik browse file .xml tadi, lalu upload. Blogspot akan memberi peringatan jika ada elemen yang bakal hilang karena adanya template baru. Anda bisa pratinjau/preview dulu agar lebih yakin.
saya menyarankan akan mem-backup dengan mendownload template yang lama dan simpan ke harddisk.

O iya, anda pasti bisa.

Cara membuat blog 1
Cara membuat blog 2
Cara membuat blog 3
Cara membuat blog 4